Instagram Ads adalah salah satu fitur Instagram yang digunakan untuk beriklan agar menjangkau audiens yang lebih luas dan sesuai dengan target yang diinginkan. Fitur ini banyak dimanfaatkan oleh orang-orang dalam memperkenalkan sebuah brand, meningkatkan traffic website, atau sekedar menambah followers dan memperbanyak penonton dasi sebuah konten.
Selain itu, Instagram Ads juga bisa digunakan untuk membantu para pebisnis dalam meningkatkan jumlah pembelian dari produk yang mereka jual.
![]() |
Instagram Ads |
Yang perlu dipahami, Instagram Ads adalah sebuah strategi beriklan secara visual. Beriklan dengan menggunakan teks merupakan pilihan yang kurang tepat dilakukan di platform Instagram. Maka kamu perlu menyiapkan video ataupun gambar sehingga menarik perhatian target.
Dikutip dari situs kata data, Instagram Ads di Indonesia telah menjangkau hingga 1,39 miliar audiens dan menjadi jangkauan terbesar keempat di dunia. Sehingga bisa disimpulkan banyak pengguna bisnis yang percaya untuk mengiklankan produknya di Instagram.
Sama halnya seperti Facebook Ads, beriklan di Instagram Ads perlu mengeluarkan sedikit uang,tapi akan membantu meningkatkan pendapatan di bisnis yang kamu jalani. Hal menarik dari fitur ini, kamu juga bisa menentukan target audiens yang kamu inginkan secara spesifik.
Cara Membuat Iklan Instagram Ads
![]() |
Membuat Instagram Ads |
Dalam membuat Iklan di Instagram Ads, kamu memerlukan akun Facebook terlebih dahulu untuk mulai beriklan. Terdapat lima cara yang bisa kamu lakukan untuk memulainya, yaitu melalui:
- Aplikasi Instagram
- Facebook Ads Manager
- Facebook Power Editor
- Facebook Marketing API
- Instagram Partner
Dari kelima cara tersebut, cara paling bagus dan paling sederhana untuk membuat iklan Instagram Ads yaitu dengan melalui Facebook Ads Manager. Karena beberapa cara seperti Facebook Marketing API dan Facebook Power Editor adalah alat yang lebih cocok digunakan untuk membuat iklan dalam jumlah banyak secara bersamaan.
Selain itu, Instagram Partner biasanya digunakan apabila bisnis yang kamu jalani sudah mapan, karena biayanya cukup mahal. Sehingga kami merekomendasikan kamu dalam membuat Iklan Instagram Ads melalui Facebook Ads Manager saja.
Cara Membuat Instagram Ads dengan Facebook Business Manager
![]() |
Instagram Ads dengan Facebook Ads Manager |
Mengingat cara paling mudah dan paling efektif dilakukan untuk membuat iklan Instagram Ads di Facebook Ads Manager, berikut adalah beberapa tahapan untuk membuat Instagram Ads yang bisa kamu lakukan:
1. Tetapkan Tujuan Campaign
![]() |
Tujuan Campaign |
Dalam beriklan, hal yang perlu kamu tentukan terlebih dahulu adalah tujuan kamu mengiklankan sesuatu. Sebuah iklan tidak akan berjalan dengan baik jika kamu tidak menentukannya ke arah mana iklan itu akan dituju. Jadi langkah pertama yang harus dilakukan dalam membuat Instagram Ads adalah menentukan tujuan dari Iklan atau Campaign.
Baca Juga: 13 Cara Oostingan Masuk Explore Instagram
Dalam membuat Instagram Ads, Facebook Ads Manager akan membantu kamu menentukan tujuan dari iklan yang sesuai keinginanmu seperti format iklan, bidding options, dan auto-optimization. Dan di dalam Facebook Ads Manager, tersedia beberapa daftar campaign objectives yang bisa kamu gunakan. Berikut daftar-daftarnya:
- Awareness
Awarenes dalam hal ini bertujuan untuk menampilkan iklan kepada orang-orang yang kemungkinan besar akan mengingatnya. Tujuan ini sesuai untuk menjangkau orang yang kemungkinan besar tertarik dengan brand kamu, mengingat brand kamu, menjangkau orang yang kemungkinan besar menonton video kamu, dan menjangkau orang untuk mengunjungi lokasi toko kamu dengan lokasi bisnis atau organisasi.
- Lalu Lintas
Lalu Lintas disini dimaksudkan bertujuan untuk mengirim orang ke suatu destinasi seperti situs, web, aplikasi, atau semacamnya. Hal ini bisa berupa ajakan untuk mengklik tautan ke sebuah web atau aplikasi, ajakan untuk melihat konten di suatu halaman, ajakan kepada orang untuk memulai percakapan, bahkan ajakan ke orang-orang yang tertarik dengan iklan tersebut untuk menelepon kamu
- Interaksi
Interaksi artinya iklan tersebut bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak pesan, tayangan video, interaksi di sebuah postingan, menyukai halaman dan semacamnya.
- Prospek
Prospek bertujuan untuk mengumpulkan data yang prospek untuk bisnis atau merek yang kamu punya. Bisa dengan mengisi formulir singkat, membagikan informasi kontak dengan mengirimkan pesan, dan semacamnya.
- Promosi Aplikasi
Promosi Aplikasi, sesuai dengan namanya bertujuan untuk mencari orang baru agar menginstal aplikasi yang kamu iklankan dan terus menggunakannya
- Penjualan
Penjualan bertujuan untuk mencari orang yang kemungkinan besar akan membeli produk atau memakai jasa yang kamu sediakan. Hal ini bisa dengan tindakan menambahkan item ke keranjang belanja mereka, membeli produk atau layanan, atau sekedar bertanya-tanya.
2. Buat Judul Campaign
![]() |
Judul Campaign |
Pada saat kamu membuat judul iklan atau campaign Instagram, kamu juga perlu menambahkan tanggal campaign berlangsung, sehingga kamu bisa mengevaluasi, merekam data, serta mengelola data tersebut agar bisa diperbaiki di kemudian hari.
3. Tentukan Target Audiens
![]() |
Target Audiens |
Pada tahap selanjutnya, kamu perlu untuk menentukan target audiens yang sesuai dengan tujuan yang akan kamu sasar sehingga iklan yang kamu buat menjadi lebih efektif.
Dalam menentukan target audiens, kamu perlu berhati-hati, karena tahap ini adalah salah satu bagian yang penting dalam membuat iklan. Selain itu, target audiens juga berpengaruh pada biaya iklan yang akan kamu keluarkan.
4. Tentukan Penempatan Iklan
![]() |
Penempatan Iklan |
Selanjutnya, sebagai salah satu bagian dari proses beriklan melalui Facebook Ads Manager, kamu akan dihadapkan dengan pilihan penempatan iklan. Terdapat beberapa pilihan disini seperti Facebook, Instagram, Audience Network, dan Messenger.
Yang pasti, dalam hal ini kamu akan memilih Instagram. Kamu juga bisa secara khusus memilih penempatan di bagian mana iklan kamu akan muncul. Bisa di beranda, cerita dan reels, In-stream, dan lainnya.
Kamu juga bisa membuat iklan lebih dari satu platform yang berbeda. Facebook sendiri merekomendasikan untuk menempatkan iklan mu dengan Advantage+, sebuah sistem dari Facebook untuk menampilkan iklan ke beberapa penempatan yang kemungkinan akan bekerja lebih baik.
5. Mengatur Biaya dan Bidding Iklan Instagram
![]() |
Biaya dan Bidding Iklan |
Salah satu langkah penting lainnya dalam beriklan di Instagram Ads adalah mengatur dan menentukan pengeluaran dan bidding. Proses bidding ini sama halnya seperti lelang. Namun dalam hal ini, dimaksudkan untuk mendapatkan perhatian lebih dari pengguna media sosial. Terdapat tiga faktor yang berkontribusi ke biaya pengiklanan:
- Harga Bidding Iklan Facebook
Semakin besar biaya yang kamu keluarkan, semakin besar pula Facebook akan mengoptimalkan ikanmu dalam mendistribusikannya. Kamu bisa memasukkan angka bidding sesuai yang kamu inginkan, atau kamu juga bisa melakukan automatic bid.
Jika kamu menggunakan automatic bid, maka kamu akan membayar iklan sesuai dengan seberapa jauh jangkauan iklanmu dan seberapa banyak iklan yang mendapatkan exposure. Semakin iklanmu berhasil, semakin rendah harga biddingnya, karena iklan tersebut tidak perlu menjangkau terlalu jauh, begitu juga sebaliknya.
- Relevance score
Setiap iklan yang kamu buat memiliki nilai relevansi atau relevance score. Facebook akan menilai tingkat relevansi dengan melihat indikator yang didapatkan oleh iklan tersebut, baik positif ataupun negatif.
Dari indikator di atas, Facebook kemudian akan mengatur relevance score iklanmu. Lalu, nilai ini akan berdampak langsung ke biaya iklan yang kamu keluarkan.
- Estimated action rates
Facebook juga akan menentukan estimasi seseorang yang akan mengklik atau melakukan interaksi setelah menemukan dan melihat iklan tersebut.
7. Atur Format Instagram Ads
![]() |
Format Instagram Ads |
Setelah menentukan biaya dan mengatur bidding iklan, langkah selanjutnya adalah memilih format Instagram Ads yang kamu inginkan. Dalam Instagram, terdapat tujuh format Instagram Ads, berikut format-formatnya:
- Gambar Tunggal atau Video Tunggal
- 2 Gambar atau Video yang bisa digulir
- Koleksi (Kelompok item yang bisa dibuka ke layar penuh di perangkat seluler
Cara Membuat Instagram Ads dengan Aplikasi Instagram
Selain dari membuat iklan Instagram Ads dengan Facebook Ads Manager, kamu juga bisa membuat iklan Instagram Ads langsung dari aplikasi Instagram. Tapi kamu tidak bisa menentukan atau mengatur iklan tersebut lebih kompleks seperti diatas.
Dalam membuat Instagram Ads di aplikasi Instagram, terdapat beberapa syarat yang perlu kamu penuhi terlebih dahulu. Berikut persyaratannya:
- Pastikan terlebih dahulu akun kamu adalah Akun Bisnis
- Pastikan kamu adalah admin dari Halaman Facebook yang terhubung dengan akun Instagram
- Mengikuti Kebijakan Periklanan Facebook
![]() |
Promosi Postingan Instagram |
Jika persyaratan tersebut sudah kamu penuhi dan kamu patuhi, berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk membuat Iklan Instagram Ads di aplikasi Instagram:
- Buka aplikasi Instagram
- Masuk ke profil Instagram
- Kemudian pilih konten yang ingin kamu promosikan
- Lalu tekan tombol Promote yang berada di pojok bawah konten tersebut
- Pilih salah satu tujuan iklan yang telah disediakan oleh Instagram Ads
- Kemudian isi rincian iklan seperti mengatur beberapa poin tujuan, destinasi, tombol CTA, jenis audiens, biaya, serta durasi penayangan iklan.
- Tekan Create Promotion
- Selesai