Table of Content

Cara Kerja Algoritma Tiktok FYP Tahun 2022

Sekalipun bukan trik ajaib, memahami algoritma Tiktok menjadi kunci untuk membantu kamu meningkatkan...

Cara Kerja Algoritma Tiktok FYP Tahun 2022 - Tahukah kamu cara kerja algoritma Tiktok yang diterapkan agar video kamu bisa FYP? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Algoritma Tiktok
Algoritma Tiktok

Melihat pertumbuhan tiktok yang semakin pesat akhir-akhir ini, beberapa brand, content creator dan influencer saat ini sedang ramai-ramainya masuk ke platform ini. 

Sekalipun bukan trik ajaib, memahami algoritma Tiktok menjadi kunci untuk membantu kamu meningkatkan performa video yang kamu upload.

Apa itu Algoritma Tiktok?

Apa itu Algoritma Tiktok
Apa itu Algoritma Tiktok

Algoritma Tiktok adalah sebuah sistem yang menentukan video yang akan ditampilkan pada halaman Untuk Anda (For You) atau biasanya disebut FYP. 

Algoritma Tiktok memunculkan sebuah video di Halaman untuk Anda (FYP) berdasarkan dari aliran video yang dikurasi dari minat pengguna, sehingga memudahkan serta menemukan konten atau pembuat konten yang disukai. 

Pengguna Tiktok memungkinkan bisa melihat video di Halaman untuk Anda yang berubah dari waktu ke waktu , berdasarkan preferensi tontonannya.

Baca Juga : Cara Mudah Centang Biru Tiktok Terbaru

Cara Kerja Algoritma Tiktok 2022

Cara Kerja Algoritma Tiktok 2022
Cara Kerja Algoritma Tiktok 2022

Kebanyakan platform sosial media, tidak memberitahukan atau merahasiakan sistem algoritma yang ia gunakan, hal tersebut wajar, melihat sistem tersebut menjadikan platform lebih unik dan eksklusif dari sosial media yang lain.

Selain itu, Algoritma sebagai salah satu alat bagi konten kreator atau influencer menarik perhatian pengguna lain sehingga melihat video atau konten yang dia upload, Tiktok tidak ingin memberikan kemudahan bagi spammer atau akun fake lainnya memainkan algoritma Tiktok untuk mendapatkan perhatian lebih.

Di lain sisi, orang-orang menjadi skeptis tentang cara kerja algoritma Tiktok, sehingga platform ini memberikan pemahaman dasar tentang algoritma yang Tiktok gunakan. Pemahaman dasar Algoritma Tiktok inilah yang akan kita jelaskan dibawah ini.

1. Interaksi Pengguna

Interaksi Pengguna
Interaksi Pengguna

Sama seperti algoritma Instagram, algoritma Tiktok juga merekomendasikan suatu video berdasarkan interaksi penggunanya. Jika pengguna sering menonton sebuah video dengan genre tertentu, maka video yang muncul di Halaman untuk Anda cenderung melihat video bergenre atau berasal dari akun-akun yang sering dia lihat.

Proses perekomendasian sebuah video dimulai pada saat pengunggahan selesai. Video akan dibagikan kepada pengguna dalam kelompok kecil. Kelompok kecil yang dimaksud adalah pengguna-pengguna yang sering dengan konten berdasarkan kebiasaan mereka.

Apabila kelompok kecil itu menyukainya, menontonnya sampai habis, atau bahkan membagikannya ke pengguna lain, maka Tiktok akan mendistribusikan ke pengguna lain yang menyukai genre serupa dengan kelompok serupa. 

Proses tersebut dilakukan secara berulang-ulang hingga Tiktok menemukan respon yang tidak bagus di pengulangan selanjutnya, sehingga menyebabkan video yang kamu unggah berhenti direkomendasikan oleh Tiktok.

Namun berbeda jika respon penggunanya bagus, proses diatas akan terus diulang oleh Tiktok sehingga video kamu bisa trending atau viral. Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat gambar diagram yang ada di bawah ini.

Diagram Cara Kerja Algoritma Tiktok
Diagram Cara Kerja Algoritma Tiktok

Interaksi yang menjadi dasar Tiktok dalam merekomendasikan sebuah video di Halaman For You dipertimbangkan dengan beberapa perilaku pengguna yang ada di bawah ini:

  • Akun yang diikuti
  • Kreator yang disembunyikan
  • Komentar yang diposting
  • Video yang disukai
  • Video yang ditambahkan ke dalam favorit
  • Video yang ditandai sebagai “Tidak Tertarik”
  • Video yang dilaporkan sebagai “Tidak Pantas”
  • Video yang ditonton sampai selesai sekalipun panjang
  • Konten video yang diupload
  • Minat yang dinyatakan saat berinteraksi dengan konten atau iklan organik

2. Informasi Video

Informasi Video
Informasi Video

Informasi Video menjadi salah satu bagian dari algoritma Tiktok yang dijadikan dasar dalam menentukan kelompok kecil yang akan melihat video yang kamu unggah. beberapa informasi tersebut berupa caption, suara/musik yang dipakai, hashtag, efek, atau topik yang sedang trend.

Dalam membuat caption, ideal teks yang digunakan dalam Tiktok adalah teks yang padat dan sesuai dengan isi didalam video dengan menambahkan hashtag pendukung yang juga relevan.

Suara atau audio yang dipakai hendaknya menggunakan audio yang sedang viral tanpa merusak kualitas dari video itu sendiri.  Jangan menggunakan audio yang berhak cipta, karena Tiktok tidak segan untuk menghapus audio yang kamu tambahkan dan tentu akan mempengaruhi kualitas video itu sendiri.

Topik tertentu yang kamu tulis dalam caption video kamu juga bisa menjadi salah satu faktor Tiktok merekomendasikan video kamu, apabila topik tersebut sedang trend dibahas atau banyak dicari oleh pengguna Tiktok itu sendiri.

Jadi, bagi kamu yang saat ini menjadi konten kreator, pebisnis, atau influencer yang ingin meningkatkan viewers dan followers,kamu bisa memanfaatkan bagian algoritma Tiktok di atas untuk mendapatkan viewers yang ingin kamu jangkau. Dalam hal ini, kamu juga bisa menentukan sendiri viewers yang kamu inginkan seperti apa, tentunya dengan racikan yang sesuai dengan algoritma diatas.

Baca Juga : Cara Mudah Mengaktifkan Tiktok Shop Lengkap

3. Profil Akun

Profil Pengguna
Profil Pengguna

Bagian lainnya yang menjadi dasar Tiktok dalam merekomendasikan sebuah video adalah ditentukan dari profil akun Tiktok. Elemen Profil tersebut  meliputi bahasa yang digunakan, asal negara, jenis perangkat, dan kategori minat yang dipilih saat mendaftar pertama kali di Tiktok.

Itulah yang menjadi penyebab kenapa video yang ada di Halaman untuk Anda adalah gabungan antara video yang mempunyai banyak like, komentar dan video yang baru dilihat oleh beberapa pengguna lain.

Sehingga hal itu menjadi sebuah peluang bagi konten kreator baru atau akun bisnis yang kamu bangun mendapatkan kesempatan dalam menjaring viewers baru. Jadi algoritma Tiktok tidak menutup kesempatan bagi akun yang mempunyai followers sedikit untuk bisa masuk dalam FYP.

Kesimpulan

Algoritma Tiktok bekerja dengan merekomendasikan video kepada pengguna yang sesuai dengan interaksi pengguna, informasi yang ada dalam video, serta profil pengguna. Mengetahui algoritma bisa mempermudah kamu dalam membuat video kamu masuk ke Tiktok FYP dan menambah engagement akun Tiktok kamu.

Contact us on ✉️ info.lassin@gmail.com

Posting Komentar